Monday 23 December 2013

Ucapan selamat VS Toleransi

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Sekarang lagi heboh-hebohnya perdebatan hukum mengucapkan selamat natal antara internal umat islam. Umat islam fundamental mengatakan bahwa mengucapkan selamat natal hukumnya haram berdasarkan dalil-dalil yang sahih. Sedangkan umat islam moderat mengatakan pernyataan hukum haram mengucapkan selamat natal adalah provokasi dan intoleran yang akan merusak kerukunan antar umat beragama.

Sebenarnya dalam islam sudah ada pedoman toleransi antar umat beragama. Yaitu lakum dinukum waliadin. Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.

Toleransi dengan cara menghormati dan membiarkan umat agama lain beribadah menurut kepercayaannya dengan tenang, tanpa harus merasa khawatir terhadap gangguan dari kita umat muslim.

Dan umat agama lainpun menghormati keyakinan kita akan ajaran agama kita dan tidak memaksakan kita untuk melanggar apa yang kita yakini dalam ajaran agama kita. 

InshaAllah akan tercipta kerukunan antar umat beragama.

Tapi kenapa ada golongan internal umat islam sendiri yang memaksakan kehendaknya kepada golongan yang lainnya. Sebagai contoh Alm Buya Hamka lebih memilih mundur sebagai menteri Agama RI karena menolak pemerintah yang memaksanya untuk mengucapkan selamat natal kepada umat kristiani. Yang mana yang tidak toleran? Buya Hamka kah? Atau pemerintah?

Polri melarang polwan muslim untuk berjilbab. Siapa yang tidak toleran? Sedangkan kita tahu pegawai-pegawai muslim di supermarket dipaksa memakai topi kostum sinterklas. Dimana sebenarnya toleransi? Apakah kondisi masyarakat di Indonesia ini yang notabene berpenduduk mayoritas muslim dan terbesar di dunia. Apakah muslim sudah mendapatkan hak nya sebagai umat beragama? Apakah muslim indonesia semuanya sudah merasakan indahnya toleransi dalam menjalankan keyakinannya?

Apakah dengan mewajibkan muslim mengucapkan selamat natal itu dikategorikan toleransi?

Aku juga punya banyak temen kristiani dan sahabat yang berbeda keyakinan. Tapi ga pernah tuh mereka maksa aku untuk mengucapkan selamat natal. 

Kenapa kok jadi yang mengaku muslim yang ribut maksain harus bertoleransi. Mungkin mereka harus buka kamus dulu ya biar ngerti definisi toleransi itu apa hehehe... 

Wassalam...

No comments:

Post a Comment