Wednesday 28 August 2013

Silaturahim salah kaprah

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Putus hubungan sama mantan bukan berarti ga kontak sama sekali, memutuskan hubungan silaturrahmi dosa besar tau!!

kalimat diatas sering banget kita dengar, ditambah lagi denger hadis sahih "Tidak masuk surga orang yang memutuskan tali silaturahim".

Buat aku yang jealousy stadium akut hadis di atas sangat-sangat menganggu egoku. Apalagi kalo ngeliat mantan2 doi yang masih menyapa dengan panggilan kesayangan jaman muda dulu. Pasti aku langsung mengeluarkan fatwa haram untuk kontak-kontak lagi dengan perempuan-perempuan itu.

Dilema banget buat aku kalo lagi denger-denger ceramah agama, trus ustad mengucapkan hadis di atas. Ga boleh masuk surga atau harus cabut fatwa haram itu, Fiuuhhhh...
Terus terang aku ga rela mencabut fatwa itu
tapi aku ga rela juga gara-gara fatwa itu ga boleh masuk surga karena udah mutusin hubungan silaturahmi doi dengan mantan-mantannya.

Ternyata dilema yang aku alami hanya karena aku dangkal ilmu aja alias salah kaprah.
Ga ada tuh yang namanya tali silaturahmi sama mantan. Yang ada juga pacaran tuh yang haram.
Silaturahim berasal dari gabungan dua kata shilah dan rahim
Shilah berasal dari bahasa arab yang artinya hubungan dan rahim artinya peranakan (rahim), kekerabatan yang masih ada pertalian darah atau dari hubungan penikahan.

Jadi yang mutusin silaturahim yang ga bisa masuk surga itu, hanya untuk orang yang mutusin hubungan kekerabatan yang ada hubungan darah atau pernikahan. Dan orang yang bisa menjalin hubungan silaturahim dengan saudara yang sudah buruk hubungannya akan mendapatkan surga, ada satu hadis yang menjelaskan bahkan lebih besar daripada pahala jihad.

Nah kalo dengan mantan-mantan mending ga usah dijalin-jalin ya kalo ga ada niatan mau dikawinin. alih-alih masuk surga justru bisa masuk neraka karena menjurus ke zina hati.

Alhamdulillah dilema aku selama ini udah beres dengan penjelasan diatas. Ilmu memang harus dituntut agar bebas dari gundah gulana. Semoga bermanfaat, Aamiin ;)

Wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment