Friday 14 December 2012

Cara mudah memaafkan orang yang menzolimi kita

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Banyak diantara kita yang merasa tidak pernah berbuat zolim kepada orang lain. Ketika kita dizolimi, timbullah rasa dendam, sakit hati, benci, karena kita merasa benar. Kita tidak pernah mengusik orang lain, kenapa mereka asik banget nak mengusik kita.

Perasaan merasa selalu benar ini membuat kita sulit untuk memaafkan. Sebenarnya ini pengalaman pribadi hehehe. Secara dikantor aku sering jadi tempat curhat temen-temenku jadi diperolehlah hasil penelitian dari sekian banyak temen-temenku, sodara-sodaraku, hanya satu orang yang pemaaf meskipun seorang ini dizoliminnya minta ampunnnn, tapi tidak ada sedikitpun dendam di hatinya. Bahkan dia pasti akan dateng ke kondangan orang yang menzoliminya, pasti akan mengunjungi jika mereka sakit, pasti akan dateng ke pemakaman orang yang menzoliminnya. Dengan segala kelebihan yang dia punya maka banyaklah manusia-manusia yang iri kepadanya, ya kecantikan wajahnya memang sesuai dengan kecantikan hatinya. Rajinnya dia beribadah memang sesuai dengan rezeki yang didapatnya. Setiap orang pasti punya salah. Menurut pengamatanku 1 kali dia melakukan kesalahan, maka reaksi orang-orang seakan dia melakukan kesalahan 100 kali. Tapi dia cuek aja menghadapi reaksi orang-orang yang lebay itu, tidak ada sedikitpun dendam yang tersisa dihatinya.

Temenku itu memang manusia biasa, tapi aku banyak mengambil pelajaran dari sikapnya, dari ketulusannya, meskipun banyak yang membencinya, memfitnahnya, tapi aku tidak melihat orang yang membenci atau memfitnahnya punya sifat yang lebih baik dari dirinya.

Ya mungkin sodara-sodara merasa lebih sempurna dari temenku itu, mungkin sodara-sodara merasa lebih dizolimi daripada temenku diatas, sehingga masih tidak sanggup untuk memaafkan orang yang menzolimi itu.

Apakah sodara orang suci?
Apakah sodara tidak pernah berbuat salah?
Apakah sodara tidak pernah menzolimi orang lain?
Apakah sodara tidak perlu kata maaf dari orang yang sodara zolimi?

Muehehehe happy forgiving all...

Nb: perasaan kayak pernah nulis soal maap maapan, gpp deh diulang juga soalnya yang curhat udah dinasehatin berulang-ulang teteepp aja susah memaafkan :p. Semoga orang-orang ga pelit memaafkan kesalahan kita Amin YRA.

No comments:

Post a Comment