Thursday, 20 December 2012

Stress Management

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Kayaknya semua manusia pernah merasakan stress. Bahkan dari bayi aja kita udah stress kalo popok basah dan sang bunda blom juga ngegantiin popok. Anak kecil, remaja, dewasa, manula semua bisa stress. Penyebabnya macem-macem, mulai dari beban pekerjaan, ga ada duit, kebanyakan duit, musibah alam, macet, dikhianati, dicemburui, akhhh ampe besok ga selesai nih kalo disebutin satu-satu.

Kebanyakan orang ketika dalam keadaan stress suka nyari pelampiasan yang bikin orang-orang ga bersalah kena getahnya. Reaksi sang kambing hitam pun bisa macem-macem. Misalnya,
Ayah vs bunda -> anak (anak bisa trauma yang membekas sampe dewasa)
Bos vs bos -> anak buah (emang nasib jadi bawahan jadi kambing hitam, sabar sabar...)
Suami vs rekan kerja -> istri (sabar, nangis)
Suami vs rekan kerja -> istri (getok kepala suami pake sutil)
Istri vs suami -> orang ketiga (malah kena semprot abis-abisan, salah sasaran soalnya hehe)

Badai pasti berlalu, masalah pasti selesai, tapi apa yang dialami sang kambing hitam ga mudah dilupakan. Sudah jadi kewajiban kita untuk meminta maaf karena udah nempelin getah kemana-mana.

Begitu banyak teknik Stress Managment, Ada yoga, meditasi, ngedengerin musik, relaksasi, spa, olah raga, berkebun, makan dll. Buat kita umat muslim tentunya ga ada yang lebih baik selain mendekatkan diri pada Allah. Apalagi ketika kita sudah terlanjur melampiaskan stress pada kambing hitam, pastinya stress akan bertambah-tambah dengan perasaan bersalah. Hal yang pertama harus dilakukan adalah meminta maaf. Meskipun ga semua orang dengan gampang memberi maaf, paling ga kita udah usaha. Selanjutnya kita tinggal memohon pada Allah agar orang yang kita zolimin itu ikhlas memaafkan kita. Siapapun dia, mau bawahan kek, ART kek, budak belian kek, kalau mereka ga ikhlas dan ga mau memaafkan kita, segimanapun kita bertobat pada Allah, ga akan menghapus dosa kita.

Semoga korban-korbanku ikhlas memaafkan segala dosaku Amin YRA.

No comments:

Post a Comment