Thursday, 20 December 2012

Selamat jalan Bapak Houtman Zainal Arifin...

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Inna Lillahi wa inna Lillahi rojiun..

Tenggorokanku tercekat saat mambaca tweet pak @Jamilazzaini tadi siang yang mengabarkan bahwa ayah angkatnya pak Houtman Zainal Arifin wafat hari ini. Entah kenapa perasaanku sama seperti saat mendengar berita kepergian pamanku.

Minggu lalu aku membaca postingan di FB tentang biografi pak Houtman, perjalanan hidupnya yang berawal dari pedagang asongan hingga menjadi Vice President Citi Bank. Aku terkesan, paling terkesan dengan kalimat diakhir yang mengatakan bahwa Alm. juga rela menjadi pemulung makanan hotel untuk dibagikan ke panti asuhan sampai sekarang.

Beberapa hari yang lalu ketika aku nonton acara Chatting dengan YM di youtube, ga sengaja ternyata bintang tamunya adalah pak Houtman, yang setelah aku tonton aku baru sadar bahwa itu adalah Houtman yang sama dengan yang aku baca di FB. Bahkan ustad Yusuf Mansur sendiri merasa belum bisa menandingi kedermawanan Alm. Ustad YM bilang pernah bertamu ke rumah Alm dan ada 32 anggota keluarga disana. Tinggal dalam satu atap, Subhanallah. Beliau mengangkat anak dan membawa ke rumahnya dan menjadikan mereka sebagai anaknya.

Ada juga kisah Alm. memungut anak cacat yang dibuang ibu kandungnya. Alm. membawanya ke rumahnya dan menganggapnya sebagai anaknya. Bahkan ketika anak itu sakit beliau memberi perawatan terbaik dengan ruang VIP. Ketika anak itu di RS beliau mendapat kabar tantenya meninggal di Semarang. Dalam perjalanan ke Semarang beliau mendapat kabar anak itu meninggal dunia. Dengan pikiran tantenya banyak yang ngurus, sedangkan anak itu ga ada yang ngurus. Alm lebih memilih mengurus jenazah anak itu dan langsung kembali ke RS. Alm mengurus hingga ke pemakaman.

Subhanallah, melihat wajah Alm. sudah terlukis kelembutan hatinya. Setiap kali Alm berbicara tentang anak yatim pasti matanya memerah dan berkaca-kaca hingga menitikkan air mata.

Alm. Adalah penulis buku Visa ke Surga, yang mesti aku beli nih. Aku ngerasa harus belajar banyak darinya. Belajar gimana caranya menyusulnya ke surga. Rosul pasti menyambut Alm. dengan rasa rindu yang teramat. Karena Alm. sudah menjadi wakil Rosul dengan menjadi Bapak dari sekian banyak anak yatim.

Rosul pernah bersabda "Aku dan penjamin anak yatim berada dalam surga seperti jari telunjuk dan jari tengan. Rosul mengisyaratkan dengan dua jari tengah dan menjarangkan jari-jari yang lainnya" Hadist riwayat Bukhari dan Ahmad.

Celoteh-celoteh Alm. bisa dilihat di Youtube search aja Houtman berceloteh, InshaAllah banyak yang dapat kita pelajari dari celotehannya.

Terima kasih pak Houtman, semoga kisah-kisahmu menjadi Inspirasi banyak orang. Sehingga ga ada lagi anak-anak yatim yang menangis karena ga punya Bapak. Terima kasih Paman dan Abangku yang  menjadi Bapak untuk aku dan keempat adik-adikku. Terima kasih untuk semua penjamin anak yatim. Semoga Bapak-bapak berdampingan dengan Rosul di surga kelak sebagaimana yang telah dijanjikan Amin YRA.

1 comment: