Saturday 24 November 2012

7 Tips merawat anak demam panas

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum wr wb

Anak-anak balita sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna, sehingga rentan mengalami demam panas. Anak-anakku Alhamdulillah baru mengalami demam panas setelah lepas ASI eksklusif. Bahkan si sulung Aisha pertama kali kena panas setelah umur 1 tahun ketika mulai coba-coba makan es krim. Kena radang tenggorokan karena bundanya ga tega ngelihat Aisha nangis minta es krim karena anak-anak tetangga pada jajan es krim. Karena bundanya ini ikut milis dan baru belajar tentang RUM (Rational Use of Medicine) jadilah mencoba home treatment sampai Aisha panas banget bahkan sempat kejang. Beberapa kali Aisha demam pasti selalu rawat inap dan diinfus karena takut kejang berulang. Pokoknya mimpi buruk kalo Aisha udah mulai panas. Aisha kecil sama sekali ga mau minum obat penurun panas atau apapun, pasti dia muntah. Kalau panas minimal 4 hari bahkan pernah 7 hari yang bikin panik sampe tes lab segala macem.

Dengan berjalannya waktu dan pengalaman sekarang anak-anak kalau demam panas paling cuma satu sampai dua hari aja, Alhamdulillah sekarang ga ada lagi cerita rawat inap. Berikut tipsnya:

1. Pantau terus suhu badan anak, jika melebihi 38 derajat celcius segera berikan obat penurun panas. Obat yang paling aman buat anak-anak adalah paracetamol seperti Pamol, Panadol dll. Jika anak tidak mau minum obat syrup, boleh dicoba yang tablet untuk anak.

2. Kompres dengan air hangat, kalo repot basah-basahan boleh pakai kompres instan yang banyak dijual di pasaran.

3. Pijit lembut bagian punggung hingga ke bokong, konsentrasikan pijatan di bokong. Terinspirasi dari pengobatan alternatif di Cirebon yang mengobati segala macam penyakit dengan teknik pijatan punggung dan bokong. Setelah googling sana-sini kutemui artikel yang menjelaskan bahwa pijatan pada bokong bisa meningkatkan kinerja sel getah bening yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dulu juga Aisha setiap abis di urut sama Wak Um (tukang urut di desa Cikalahang) langsung sembuh. Wak Um selalu bilang Aisha demam karena jatoh bokongnya salah urat, selalu pijat bokong Aisha sampai jejeritan. Entah benar entah tidak ya buat aku mah yang penting Aisha sembuh hehehe.

4. Beri banyak asupan cairan, bisa air putih, kuah sup ayam, sup ikan, sup sayur, jus buah, es krim, susu, apa ajalah yang penting cairan untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi adalah akibat yang paling fatal saat demam, bisa menyebabkan kematian. Jika masih menyusui, susui sesering mungkin.

5. Meniran dan madu, kalo aku selalu sedia air rebusan meniran di kulkas. Buat obat hepatitis aku sih. Tapi kalo anak udah mulai demam tinggal tuang aja. Rasanya agak pahit, tapi kalo dicampurin ke susu atau madu jadi ga terlalu pait. Bisa buatkan susu ditambah sesendok air rebusan meniran. Meniran sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan sekarang udah ada stimuno yang menggunakan meniran sebagai bahan utamanya.

6. Anak yang sakit biasanya butuh kasih sayang orang tua. Selalu temani anak, pelukan, gendongan, ciuman dari ayah dan bunda akan mengurangi rasa nyeri pada anak. Kadang aku juga ngerasa kalo udah mulai kurang perhatian ke anak, mulai deh ada yang demam. Kadang demam anakku aku syukurin sebagai kasih sayang Allah untuk mendekatkan aku dengan anakku. Hal-hal tetek bengek yang lain jadi nomor 11, nomor 1 sampai 10 prioritas untuk anakku.

7. The last but not least Jangan lupa berdoa, ingat doa orang tua kepada anaknya sangat mujarab ditambah selalu bersholawat saat mencium, saat mengusap kepala anak, saat memijat lembut tubuh anak, InshaAllah menenangkan kita sebagai orang tua dan menenangkan anak yang sedang nyeri.

Jika dalam waktu 3 hari panas tidak turun segera bawa ke dokter. Kita tak tau apa yang sebenarnya terjadi tapi setiap orang tua pasti ga mau menyesal karena terlambat memberi pertolongan. Okelah bunda selamat menikmati waktu memberikan perhatian penuh kepada putra/putri tercinta, semoga lekas sembuh Amin YRA.

2 comments:

  1. Aminnn ya Rabb . . Makasih Bunda utk semua pengalamannya . . Semoga bisa membantu kami dlm merawat sikecil . . Insyaallah . .

    ReplyDelete