Saturday 24 November 2012

Menyayangi anak ala Rosul

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualakum wr wb

Rasulullah SAW pernah menggendong seorang anak dari sahabatnya dan beliau SAW memeluk serta menciumnya. Tak berapa lama kemudian anak kecil itu buang air dan menjadi kotor dan najislah pakaian Rasulullah SAW. Melihat kejadian itu orang tua si anak segera mengambil paksa anaknya yang menyebabkan anak itu menangis karena merasa diperlakukan tidak bijak. Seketika Rasulullah menghampiri sahabatnya itu dan bersabda” Air kencing anakmu dengan mudah bisa aku hilangkan dengan membersihkannya tapi sikap kasarmu kepada anakmu tadi akan terus membekas diingatannya dan sulit untuk dihilangkan”. 

Beberapa hari yang lalu melihat kisah ini di timeline twitter, aku langsung tertohok (kue apapula itu tertohok haha). Aku #jleb banget. Akhhh.. susah diungkapkan dengan kata-kata. Tertampar deh intinya. 

Dulu, jaman masih ada asisten banyak, aku masih kerja, memang aku suka nasehatin temen yang cerita kisah "perang dengan anak di rumah". Mungkin dalam hati mereka berkata "yaeyalahh lu punya banyak asisten jadi ga stress, ga perlu "perang dengan anak".

Kisah dulu itu suka terngiang-ngiang dikepalaku, ketika baru pindah ke Kemaman ga ada asisten, ngurusin anak dua yang masih pada parno, masih belom bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, harus masak, beresin rumah, menyusui, anak berantem. Sering aku terlepas mencubit Aisha saat udah ga bisa kukendalikan lagi pake kata-kata.

Sampai aku nyesel dan sedih saat Aisha protes.
"Bun, kok disini suka cubit teteh?"
"Bun, nanti kalau ke Bobos bawa teteh-teteh (asisten.red) ya? Buat jagain dedek jadi teteh bisa main, bunda bisa masak"
"Bun kok disini suka marahin teteh? Kalo di Bobos ga suka marahin teteh?

Akupun curhat ke adikku, menanyakan apakah dia mencubit anaknya. Adikku menjawab ga suka nyubit, paling juga nakut-nakutin aja. Dari situ aku janji sama Aisha ga akan cubit lagi, dan Aisha pun janji akan nurut omongan bunda. Alhamdulillah it works.

Meskipun aku sudah ga nyubit lagi, tapi yang namanya anak-anak kadang ga ngerti kalo bundanya lagi sibuk, lagi kerja bersihin daging atau benda amis lainnya, lagi masak berhadapan dengan minyak panas, haduhhh *tepok jidat. Bundanya pula ga ngerti kalo anaknya lagi butuh perhatian, malah lebih mentingin ikan dkk. Aku harus mulai belajar me-manage dilema ini, belajar meneladani kasih sayang Rosul SAW. Aku harus belajar untuk tidak, berteriak, membentak, apalagi mencubit. Aku harus belajar berdiplomasi, banyak bercanda, banyak bercerita, banyak membelai, dan banyak mencium anak-anakku tersayang. Investasi masa depanku, investasiku untuk kehidupan setelah matiku, aku harus memberikan yang terbaik untuk mereka,  menjadi bunda terbaik untuk mereka yang menyayangi mereka dengan kelembutan dan kasih sayang ala Rosul Amin YRA.


No comments:

Post a Comment